Sabtu, 19 Jan 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Langgar Aturan, Caleg Diminta Turunkan Alat Peraga Kampanye

09 Januari 2019, 22: 44: 03 WIB | editor : Ali Mustofa

PELANGGARAN: Terdapat pelanggaran APK di Jalan Letkol Tit Sudono, Wergu Kulon, Kudus.

PELANGGARAN: Terdapat pelanggaran APK di Jalan Letkol Tit Sudono, Wergu Kulon, Kudus. (GALIH ERLAMBANG WIRADINATA/RADAR KUDUS)

KOTA – Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) oleh Bawaslu yang dilakukan pada 10-11 Desember rupanya tak membuat jera Calon Legislatif (Caleg). Sebab masih banyak pemasangan APK di luar ketentuan. Salah satunya dipasang di pohon. 

            Pantauan Jawa Pos Radar Kudus banyak terdapat pelanggaran pemasangan APK. Di sepanjang Jalan Letkol Tit Sudono, Wergu Kulon, hingga di daerah Bae.

           Koordinator divisi hukum, data, dan informasi Bawaslu Kudus, Bahrudin mengatakan, pelanggaran sudah menyalahi keputusan KPU Kabupaten Kudus Nomor 74/PL.0.15-Kpt/3319/KPU-kab/IX/2018. Peraturan tersebut melanggar tentang penetapan tempat/lokasi kampanye rapat umum dan pemasangan alat peraga kampanye pada pemilihan umum 2019. ”Peraturan ini sudah disepakati bersama antara pihak baslon,” ungkapnya.

 Pihak Bawaslu sudah melakukan upaya persuasif kepada Panwascam dan PPD untuk berkomunikasi kepada baslon. Ketika tak ada itikad baik dari pihak calon, maka bawaslu bekerjasama denga KPU menyurati Parpol terkait.

     Bahrudin juga menekankan, apabila dalam 1x24 jam APK tidak diambil dan dipindahkan pada zonasi yang telah disepakati, maka pihak Bawaslu berkewenangan berkoordinasi dengan pihak Satpol PP.

Adapun tempat yang ditempatkan sebagai zonasi kampanye oleh Bawaslu yaitu, pemasangan berjarak radius 10 meter dari tempat ibadah, rumah sakit, gedung pemerintahan, dan lembaga pendidikan. Tak hanya itu, peraturan pemasangan APK tidak boleh dipasang pada area Car Free Day (CFD). ”Kami juga berkoordinasi dengan Babin dan Bansi dalam upaya penertiban kampanye,” imbuhnya. (gal/).

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia