Senin, 21 Jan 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Bikin Puisi tentang NKRI

16 Desember 2018, 17: 45: 35 WIB | editor : Ali Mustofa

Ifti Miftahuliyana

Ifti Miftahuliyana (DOK PRIBADI)

MENGIKUTI lomba cipta baca puisi sekaligus membacakan menjadi pengalaman tersendiri bagi Ifti Miftahuliyana. Meskipun pada akhirnya hanya menyabet peringkat delapan terbaik dari 32 peserta guru TK se-Kabupaten Pati. Namun, itu sudah cukup membuat Ifti dipuji rekan-rekannya.

”Nggak apa-apa lah masuk 10 besar. Begitu saja, ketua IGTKI (Ikatan Guru Taman kanak-kanak Indonesia) di sini sudah senang sekali,” tutur ibu satu anak tersebut.

Dalam lomba cipta baca puisi guru TK swasta se Bumi Mina Tani yang digelar akhir Oktober lalu itu, Ifti merasa mendapat tantangan yang cukup berat. Sebagai seorang yang jarang bersentuhan dengan dunia seni, khususnya sastra, dia sebenarnya juga mendapat kesulitan tersendiri.

”Nulis puisinya mengarang di lokasi langsung. Jadi benar-benar spontan. Setelah itu dibacakan di depan. Karena pemula, masuk 10 besar sudah bagus,” aku Ifti yang tinggal di Desa Grobog, Tlogowungu, Pati, itu.

Ifti menyebut, puisi yang dibuat itu tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jadi, sebenarnya dia membuat karya yang cukup sederhana. Namun, barangkali karena semua peserta juga kurang bergelut di kesusastraan, puisi yang ditulis dan dibacakan rata-rata memiliki kualitas yang tak beda jauh.

Selama menjadi guru TK, alumni Jurusan Teknologi Pendidikan Unnes itu, mengaku, pernah mendapatkan sejumlah prestasi. Antara lain juara I lomba gugus se-Karesidenan Pati, juara II sekolah sehat se-Karesidenan Pati, serta juara harapan guru berprestasi se-Kabupaten Pati.

(ks/ful/lin/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia