Rabu, 19 Dec 2018
radarkudus
icon featured
Sportainment

Seru, Ratusan Pengendara Motor Offroad Ikuti Adventure Trail Trabas

03 Desember 2018, 18: 59: 05 WIB | editor : Ali Mustofa

BUKA ACARA: Bupati M Tamzil dan Wabup Hartopo membuka acara adventure trail di Desa Rahtawu, Gebog, Kudus.

BUKA ACARA: Bupati M Tamzil dan Wabup Hartopo membuka acara adventure trail di Desa Rahtawu, Gebog, Kudus. (DONNY SETIAWAN/RADAR KUDUS)

GEBOG – Sekitar 500 pengendara motor trail offroad mengikuti kegiatan adventure trail trabas di kawasan pegunungan Rahtawu, Gebog, Kudus kemarin. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan wisata Rahtawu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi yang semula akan hadir ternyata batal karena menunaikan umrah. Kedatangannya diwakili Asisten Deputri Industri dan Promosi Sandi Suwardi Hasan. Dia bersama Bupati Kudus M. Tamzil dan Wakil Bupati Hartopo membuka adventure trail trabas tersebut.

Kegiatan yang dikemas dengan “Funsport” ini diikuti pengendara trail dari lokal dan beberapa daerah di sekitar kudus. Mereka melintasi rute sepanjang 30 kilometer.

Pertama start di lapangan Gondosari, Gebog. Lalu, para rider menjajal medan trekking dengan mengitari pegunungan di Desa Rahtawu. Mereka melintasi berbagai spot-spot wisata di Rahtawu. Di antaranya, Air Terjun Mpetung, Gardu pandang Bukit Geneng, Puncak Natas Angin, Songolikur, Air terjun kertomo, dan Omah Dongkas.

Bahkan 80 persen jalur yang dilintasi berupa tanah. Salah satu medan trekking yang sulit berada di Dukuh Jambu, Desa Rahtawu. Karena lokasi jalan yang berada bawah semliro memiliki kemiringan tinggi. Meski begitu, para rider dari berbagai daerah itu tampak sudah piawai dan safety riding.

Bupati Kudus M. Tamzil mengatakan, kegiatan trabas itu merupakan kerjasama antara pemkab dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (kemenpora).

”Tujuannya untuk mengeksplor wisata rahtawu dengan bentuk trabas. Ini juga sebagai wujud sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Kami pun punya program sport tourism. Jadi kita harapkan orang berwisata ke kudus sambil berolahraga dan membawa keluarga,” ungkapnya.

Asisten Deputri Industri dan Promosi Sandi Suwardi Hasan mengaku, pihaknya sudah mendatangi lebih dari 20 kabupaten kota di Indonesia. Kudus di tahun mendatang akan mendapatkan prioritas.

”Karena memang memiliki banyak potensi yang belum di eksplore. Semoga kegiatan skala nasional ini bisa dilaksanakan. Kami tidak berjanji, tapi tahun depan akan mengupayakan adventure trail trabas jilid dua,” ujarnya.

(ks/ruq/mal/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia