Jumat, 16 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Sportainment

Hari Pertama Even Sport Tourism, Pertandingkan Enam Kategori Lomba

Minggu, 04 Nov 2018 22:20 | editor : Ali Mustofa

JUARA: Wakil Bupati Jepara (kanan) mengalungkan medali kepada para pemenang Jepara International Triathlon (JIT) 2018 di kawasan Pantai Tirto Samudera Bandengan kemarin.

JUARA: Wakil Bupati Jepara (kanan) mengalungkan medali kepada para pemenang Jepara International Triathlon (JIT) 2018 di kawasan Pantai Tirto Samudera Bandengan kemarin. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

JEPARA – Untuk kali ketiga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara kembali menggelar even sport tourism bertajuk ”Jepara International Triathlon (JIT) 2018.” Pada gelaran tahun ini, kawasan Pantai Tirto Samudera, Bandengan, Jepara, kembali menjadi lokasi utama.

Even ini digelar sejak kemarin hingga hari ini. Hari pertama kemarin mempertandingkan enam kategori lomba. Di antaranya, youth distance (U-16 putra-putri), age group (U16-18) putra-putri, U19-30 putra-putri, U31-40 putra-putri, U-41 up putra, dan sprint distance overall (putra dan putri). Kemudian ada nomor standart distance dengan kategori elite (putra-putri), TNI/Polri (putra), dan standart distance rellay ada tiga orang.

Sedangkan hari ini akan mempertandingkan kategori mix rellay (dua putra dan dua putri), Duathlon dengan kategori Duathlon (Putra putri) dan Duanthlon Student (Putra putri). 

Sebanyak 300 peserta triathlon dari berbagai daerah dan negara ambil bagian dalam kegiatan ini. Negara yang berpartisipasi dalam kegiatan ini meliputi Singapura, Malaysia, Tiongkok, Amerika Serikat, dan Belanda.

Peserta peraih emas kategori Ady Akhmad Jukardi di kelas standart distance male all ages, mengungkapkan kegembiraannya. Setelah tiga tahun mengikuti even yang sama, baru tahun ini ia mendapatkan juara.

Perhelatan even ini kali pertama pada 2016. Kabupaten Kudus waktu itu berada di posisi keempat. Sedangkan tahun lalu berhasil naik ke posisi dua. ”Hasil tahun ini lebih baik. Tahun depan pasti ikut lagi. Semoga meraih hasil yang bagus,” ujar atlet nasional asal Jakarta ini.

Menurutnya, Jepara menjadi salah satu tempat favoritnya selama mengikuti even di Indonesia. Karena lokasinya yang dekat dengan pantai dan objek wisata lain. ”Setelah lomba, bisa melepas lelah dengan liburan di lokasi wisata Jepara,” tuturnya.

Sementara itu, usai memberikan medali, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi penyelenggaraan yang sukses di tahun ketiga ini. Pihaknya mendukung penuh acara ini. Selain menjadi ajang pembinaan atlet, juga mengenalkan pariwisata Jepara.

”Ajang ini tidak hanya even olahraga, tapi ada sektor pariwisata yang perlu kami dukung. Tahun ini sudah ketiga kalinya. Pasti lebih meriah dan mendatangkan banyak peserta,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Jepara sudah terkenal dari dulu. Namun bukan karena tempat wisatanya. ”Untuk itu, dalam ajang ini kami sekaligus promosi wisata. Sebab, olahraga triathlon ini juga ada unsur pariwisata,” imbuhnya.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia