Selasa, 20 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Blora

Silahkan Dicoba, Cukup Tempelkan Kartu BPJS, Tak Perlu Antre Lama

Kamis, 01 Nov 2018 19:41 | editor : Ali Mustofa

TAK PERLU LAMA ANTRE: Sosialisasi penggunaan barcode scanner di Puskesmas Jati agar pelayanan lebih cepat.

TAK PERLU LAMA ANTRE: Sosialisasi penggunaan barcode scanner di Puskesmas Jati agar pelayanan lebih cepat. (PUSKESMAS JATI FOR RADAR KUDUS)

KUDUS – Sistem pelayanan pendaftaran puskesmas terintegrasi (Stempel Emas) berhasil memangkas waktu pelayanan pasien di Puskesmas Jati. Pendaftaran yang semula dilakukan lebih dari 10 menit, kini bisa dilakukan cukup 2-3 menit saja.

Hal ini disampaiakan oleh Kepala Puskesmas Jati Amad Mochammad kepada Jawa Pos Radar Kudus kemarin. Pihaknya terus berupaya untuk berkreasi dan berinovasi. Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.

”Dengan berkurangnya waktu pelayanan, ini bisa mempercepat antrean. Jadi, masyarakat dapat segera diberikan pelayanan dari puskesmas,” katanya.

Amad menjelaskan, Stempel Emas ini memanfaatkan teknologi barcode scanner. Di mana masyarakat cukup menempelkan kartu BPJS atau kartu kunjungan masyarakat di barcode scanner. ”Selain cepat, ini juga akan lebih akurat,” imbuhnya.

Ia menyebut, ide inovasi ini berawal karena banyaknya kunjungan rawat jalan setiap harinya. Dalam sehari, Puskesmas Jati rata-rata melayanai sekitar 100 orang. Bahkan, di hari-hari tertentu bisa lebih dari 100 orang.

”Dengan jumlah segitu, tentu pelayanan juga membutuhkan waktu yang panjang. Kami kasihan kalau mereka (pasien, Red) juga harus antre lama, karena hal administrasi saja,” jelasnya.

Kepuasan pelayanan publik menjadi perhatian serius bagi Puskesmas Jati. Selain Stempel Emas, pihak Puskesmas Jati juga meluncurkan aplikasi informasi jam tunggu layanan. Jadi jam tunggu layanan pun akan disampaiakan di layar monitor.

”Kami harap masayarakat lebih terbantu dengan adanya program inovasi ini,” harapnya.

(ks/daf/lin/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia