Sabtu, 17 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Kudus

Pertengahan November Bendung Logung Digenangi, Begini Penampakannya

Selasa, 30 Oct 2018 22:59 | editor : Ali Mustofa

SEGERA DIGUNAKAN: Lokasi Waduk Logung pada tengah November tahun ini akan dilakukan penggenangan .

SEGERA DIGUNAKAN: Lokasi Waduk Logung pada tengah November tahun ini akan dilakukan penggenangan . (FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS)

KUDUS – Bendung Logung di perbatasan Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, dan Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus, bakal dilakukan penggenangan pada 14 November.

Hal itu disampaikan dalam sosialisasi penggenangan bendung logung di Hotel Griptha, kemarin.Kegiatan yang digelar Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana ini dihadiri jajaran OPD Kudus, muspika Dawe dan Jekulo, instansi terkait, dan sejumlah elemen masyarakat.

Sedangkan pemateri yakni Kasi Pelaksanaan Pengendalian Danau dan Bendungan Wisnu Widoyono, Kepala Balai Pusdataru Seluna Rahman Wahyu, Plt. Kepala Dinas PUPR Kudus Heru Subiyantoko, dan Komunikasi Publik BBWS Pemali-Juana Dodi Indrawirawan.

Mulai dari skenario pengisian awal waduk sampai pemantauan genangan dipaparkan. Kepala Balai Pusdataru Seluna Rahman Wahyu mengatakan, saat ini kondisi Bendung Logung sudah tahap finising. Progres pembangunan 98 persen.

Tinggal mengerjakan sebagian bangunan di atas bendungan. Dari progres itu, direncanakan 14 November Bendungan Logung sudah siap diisi air. Namun, untuk peresmian belum bisa memberikan kepastiannya. ”Kalau peresmian belum ada rencananya,” ujarnya.

Komunikasi Publik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Dodi Indrawirawan memaparkan, skenario pengisian awal Bendung Logung diprediksi membutuhkan waktu hingga satu musim penghujan. Estimasinya mulai 14 November hingga 11 Agustus 2019 mendatang.

”Di tahap awal pengisian, waktu-waktu yang sangat penting yaitu November sampai April,” terangnya.

Rentang waktu krusial itu, lanjutnya, disebabkan karena pengisian bendung akan dilakukan sampai permukaan air mencapai 80 persen. Kemudian, akan dilanjutkan sampai pada batas muka air normal hingga Agustus 2019 mendatang.

PAPARAN: Bagian Komunikasi Publik BBWS Pemali – Juana Dodi Indrawirawan memaparkan kesiapan penggenangan Bendungan Logung di Hotel Griptha Kudus kemarin.

PAPARAN: Bagian Komunikasi Publik BBWS Pemali – Juana Dodi Indrawirawan memaparkan kesiapan penggenangan Bendungan Logung di Hotel Griptha Kudus kemarin. (FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS)

Adapun pengisian awal meliputi tiga tahap. Yaitu elevasi lantai pengelak sampai 41,5 meter dari dasar bendung. Lalu elevasi intake sampai 74,5 meter dan elevasi muka air normal sampai 88,5 meter. ”Untuk muka air tertinggi elevasinya 93 meter,” paparya.

Setiap hari, kenaikan elevasi diprediksi terjadi sebesar 0,5 meter. Namun, dengan catatan sesuai kondisi hujan di bulan tersebut. Pihaknya meminta, agar saat pengisian diperhatikan betul oleh para pemangku kepentingan lain. Seperti para kepala desa agar memberitahukan masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal membahayakan. Selain itu, langkah-langkah pengamanan dari polsek juga dibutuhkan.

”Hari ini (kemarin, Red) kami juga meminta pemkab agar segera mengangkut pepohonan dari area bendung. Kami khawatir mengganggu pengisian, terbawa arus, dan menghantam bangunan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan kerja sama dan monitoring berbagai pihak akan mewujudkan penggenangan awal bendung lancar dan sesuai jadwal. Sebab, merupakan langkah pertama untuk mengetahui kinerja bendung agar sesuai master plan yang sudah digarap sebelumnya.

”Monitoring struktur akan kami lakukan bersama konsultan. Sedangkan, monitoring kawasan waduk dilakukan bersama pemkab dan masyarakat,” tuturnya.

IRIGASI: Pengawas Pembangunan Waduk Logung Kudus, Dorlanda Sinaga menunjukkan saluran pengelak dengan diameter 120 Cm di bawah tanah yang sudah selesai dikerjakan kemarin.

IRIGASI: Pengawas Pembangunan Waduk Logung Kudus, Dorlanda Sinaga menunjukkan saluran pengelak dengan diameter 120 Cm di bawah tanah yang sudah selesai dikerjakan kemarin. (FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS)

(ks/ruq/zen/top/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia