Sabtu, 17 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Jepara

Peringati HLN ke-73, Ratusan Peserta Antusias Ikuti 5K Envirunment

Senin, 29 Oct 2018 19:06 | editor : Ali Mustofa

MELESAT: Peserta langsung mengerahkan kekuatannya di titik start 5K Envirunment PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (Kit TJB) kemarin.

MELESAT: Peserta langsung mengerahkan kekuatannya di titik start 5K Envirunment PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (Kit TJB) kemarin. (KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

JEPARA – Sebanyak 800 peserta antusias mengikuti 5K Envirunment dalam rangka Hari Listrik Nasional (HLN) ke-73. Even ini digelar di halaman Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B, Desa Tubanan, Bangsri, kemarin.

Peserta tak hanya dari Jepara. Acara yang sudah digelar keempat kalinya ini, melibatkan peserta pelajar SMP/SMA dari Kudus, Pati, dan Demak.

Sebelum start dimulai sekitar pukul 15.00, peserta antre registrasi pengambilan nomor urut. Setiap peserta yang sudah selesai registrasi melakukan peregangan. Sejam berselang, panitia mulai mengarahkan peserta untuk berbaris di garis start.

Peserta sangat antusias untuk segera memulai lomba. Bahkan peserta sempat berdesakan melewati garis start. Penyelenggara pun segera mengarahkan peserta untuk baris secara tertib.

Setelah peserta berbaris rapi, aba-aba dimulainya perlombaan ditandai dengan pengibaran bendera oleh General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (Kit TJB) Komang Parmita. Setelah bendera dikibarkan, ratusan peserta itu segera berlari menuju rute yang ditentukan panitia.

Keluar sebagai pelari tercepat, untuk kelompok putra didapat Joko Ahmad Prastyo dari SMKN 1 Batealit, Jepara, dengan waktu tempuh 18 menit 1,7 detik. Disusul David Andi S dari SMPN 1 Dawe, Kudus, dengan waktu tempuh 18 menit 56,6 detik. Sebagai juara III, Ahmad Irfanus Sholihan dari SMKN Jawa Tengah, Pati, dengan catatan waktu 19 menit 11,0 detik.

Di bagian putri, keluar sebagai juara Aprilian Dwi Hidayah dari SMPN 3 Jepara dengan catatan waktu 22 menit, 14,05 detik. Juara II Aprilia Anggun dari SMPN 3 Jepara dengan catatan waktu 22 menit, 37,04 detik. Juara III Lutfilah Rindra Majid dari SMAN 1 Jepara dengan waktu tempuh 23 menit, 47, 07 detik.

Dalam sambutannya, General Manager PT. PLN Kit TJB Komang Parmita, menjelaskan, 5K Envirunment ini bagian dari usaha PLN menyemangati prestasi atletik di tingkat pelajar SMP dan SMA se-Jawa Tengah. Utamanya di sekitar wilayah pembangkitan.

Sesuai dengan kegiatan, 5K Envirunment yang artinya lari 5 kilometer dan environment atau lingkungan hidup. Pihaknya ingin menunjukkan di lingkungan sekitar PLTU Tanjung Jati B ramah lingkungan. ”Lingkungan sekitar PLTU Tanjung Jati B ini, layak untuk kegiatan olahraga,” tegasnya.

Sebelum digelarnya 5K tersebut, pagi harinya digelar senam bersama ratusan warga sekitar pembangkitan. Puluhan hadiah diperebutkan warga. Mulai sepeda gunung, kulkas, televisi, paket sembako, handphone, dan hadiah menarik lain.

”Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat. Baik generasi muda maupun umum memahami pentingnya listik dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, penggunaan listrik mampu mendongkrak aktivitas ekonomi masyarakat. Kehadiran kami tak lepas dari hubungan dengan masyarakat. Maka kegiatan semacam ini akan kami tingkatkan,” tandasnya.

(ks/zen/lin/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia