Selasa, 18 Dec 2018
radarkudus
icon featured
Blora

Peringati Hari Pangan Sedunia, Siswa Ini Terima Tantangan Ganjar

27 Oktober 2018, 08: 17: 22 WIB | editor : Ali Mustofa

KEPO: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat stan sekolah yang menampilkan potensi di Kabupaten Blora.

KEPO: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat stan sekolah yang menampilkan potensi di Kabupaten Blora. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

KOTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bagi-bagi laptop dalam peringatan Hari Pangan Sedunia di Blora kemarin. Ganjar memberikan hadiah itu kepada para siswa yang berhasil menyebutkan nama umbi-umbian.

Siswa pertama yang mendapat laptop adalah Amel. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Blora. Dia diminta sang gubernur untuk menyebutkan jenis umbi-umbian dan potensi daerah. Mulai dari talas, ketela pohong, terong, tomat, jagung, dan lainnya.

Setelah diminta menyebutkan nama umbi-umbian, para siswa diminta untuk mengambil buah-buahan yang dikenal. Selanjutnya ditunjukkan kepada para tamu undangan beserta namanya.

Yang kedua siswa SD bernama Brian. Dari beberapa jenis umbi-umbian hanya beberapa yang bisa disebutkan. Meski begitu dia tetap mendapatkan laptop. Aksi anak-anak di atas panggung bersama sang gubernur membuat tawa tamu undangan.

”Di Hari Pangan Sedunia ini kita mulai merefleksikan diri. Karena dari data yang kita miliki, industri makanan mi dan biskuit itu luar biasa besar sekali. Kita pemakan mi yang hebat. Sehinga kita tergantung pada impor. Untuk itu ita perlu mengenalkan potensi daerah yang ada untuk penganti beras sebaai makanan pokok,” terang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurutnya, Blora punya potensi yang luar biasa. Terutama di sektor pertanian. Sehingga harus benar-benar dikembangkan. Agar potensi itu bisa dirasakan masyarakat. Salah satunya, potensi jagung di Blora yang sangat melimpah.

Bupati Blora Djoko Ngroho mengungkapkan, potensi Kota Sate tak hanyakayu. Semua tumbuhan bisa hidup di Blora. Mulai dari buah-buahan, cabai, jagung, padi, umbian-umbian, dan lainnya. ”Sekarang semua tumbuhan bisa hidup dan subur di Blora,” ungkapnya.

Tahun ini, peringatan Hari Pangan Sedunia dipusatkan di Blora. Semua perwakilan kabupaten dan kota hadir. Kemarin, Ganjar membuka kegiatan yang berlangsung pada 26-18 September di Alun-alun Blora itu.

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia