Sabtu, 17 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Tingkatkan Minat Baca Siswa, MA NU Nurul Ulum Gelar Program Literasi

Rabu, 26 Sep 2018 19:27 | editor : Ali Mustofa

LITERASI: Siswa-siswi MA Nurul Ulum membaca koran Jawa Pos Radar Kudus di madrasah setempat Senin (24/9) kemarin. Kegiatan itu bagian dari literasi di sekolah itu.

LITERASI: Siswa-siswi MA Nurul Ulum membaca koran Jawa Pos Radar Kudus di madrasah setempat Senin (24/9) kemarin. Kegiatan itu bagian dari literasi di sekolah itu. (AGUS SULISTIYANTO/RADAR KUDUS)

KUDUS – Gerakan literasi di MA NU Nurul Ulum dilakukan dengan membaca koran Jawa Pos Radar Kudus di halaman madrasah itu Senin (24/9) kemarin. Ratusan siswa membaca koran sebelum masuk kelas. Itu bagian dari meningkatkan bacaan para siswa.

Kegiatan literasi tersebut diikuti semua siswa. Baik putra maupun putri. Kepala MA NU Nurul Ulum H.M. Jazuli mengatakan, kegiatan literasi sudah dilakukan madrasah. Karena literasi atau membaca menjadi salah satu hal penting bagi pelajar. ”Kami terus melakukan upaya agar minat baca siswa semakin baik,” katanya kemarin.

Salah satu upaya yang dilakukan memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi ketika mendapatkan tugas. Referensi tidak hanya dalam buku pokok saja, melainkan dari buku lain.

Sehingga siswa harus mencarinya diperpustakaan untuk mendapatkan refrensi lain. Tugas tersebut secara tidak langsung membuat minat siswa akrab dengan literasi, karena literasi atau membaca memang menjadi faktor penting.

Dengan kegiatan tersebut, tentunya diharapkan sekolah bisa menjadi taman belajar menyenangkan. Siswa mendapatkan pembelajaran luas. Karena membaca sangat diperlukan. Baik membaca buku di luar materi pelajaran maupun membaca buku terkait mata pelajaran.

Salah satunya dengan membaca koran. Sehingga siswa bisa mendapatkan informasi banyak hal. Sehingga pengalaman siswa akan lebih baik. Apalagi di perpustakaan madrasah juga sudah menyiapkan banyak jenis buku yang bisa dibaca siswa.

(ks/lis/zen/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia