Sabtu, 17 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Ratusan Siswa SMPN 2 Blora Antusias Baca Koran Radar Kudus Serentak

Rabu, 19 Sep 2018 14:24 | editor : Ali Mustofa

SERENTAK: Ratusan siswa SMPN 2 Blora antusias membaca bersama koran Jawa Pos Radar Kudus kemarin.

SERENTAK: Ratusan siswa SMPN 2 Blora antusias membaca bersama koran Jawa Pos Radar Kudus kemarin. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

BLORA – Ratusan siswa SMPN 2 Blora antusias membaca koran Jawa Pos Radar Kudus kemarin. Mereka membaca serentak di lapangan upacara. Aksi membaca ini, sebagai Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sekaligus untuk merangsang minat baca siswa.

Banyah hal yang dibaca. Mulai dari berita nasional, olahraga, ekonomi, infotainment, Jawa Tengah. Termasuk, berita lokal di eks Karesidenan Pati dan Kabupaten Grobogan. Terutama berita profil SMPN 2 Blora yang tayang satu halaman kemarin.

Kepala SMPN 2 Blora Andreas Sutrasno, menyampaikan, GLS sudah dilaksanakan sejak lama. Bahkan, sebelum aktivitas belajar mengajar dimulai, anak didiknya diwajibkan baca buku. Setelah membaca anak-anak membuat sinopsisnya.

Hal ini untuk menanamkan kebiasaan membaca sejak dini. Selain itu, untuk mengasah keterampilan dan keilmuan siswa. ”Biasanya anak-anak saya ajari untuk giat menulis dan membaca,” ungkap laki-laki yang berpengalaman mengajar di beberapa perguruan tinggi, seperti UT, STIE, dan unversitas swasta terkemuka di Semarang ini.

Menurutnya, dengan membaca, anak-anak akan memiliki wawasan luas. Dengan giat membaca, harapannya wawasan siswa lebih luas. Sehingga mudah berprestasi. Seperti yang didapat Cantika Putri, juara II lomba menulis essay tingkat nasional.

”Saya biarkan anak membaca sendiri, menulis apapun, berlatih apapun, menjadi apa yang diimpikan dan menjadi berprestasi,” jelas kepala sekolah yang berhasil membawa  sekolahnya mencetak guru berprestasi empat tahun berturut turut dan prestasi seni dan olah raga ini. 

(ks/sub/lin/top/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia