Selasa, 20 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Pati

Lagi, Kabupaten Pati Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak Pratama

Sabtu, 28 Jul 2018 12:15 | editor : Ali Mustofa

LAYAK ANAK: Ruang ramah anak di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Pati dilengkapi dengan aneka mainan.

LAYAK ANAK: Ruang ramah anak di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Pati dilengkapi dengan aneka mainan. (ACHMAD ULIL ALBAB/RADAR KUDUS)

KOTA – Prestasi Kabupaten Pati sebagai kota dengan predikat layak anak tak beranjak. Sejak 2016, Pati selalu menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori pratama. Pati belum bisa beranjak meraih predikat untuk madya, ataupun utama. Tahun ini Pati memperoleh kembali predikat KLA kategori pratama.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pati, Subawi melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sunartopo mengungkapkan, meskipun begitu prestasi ini dinilai sudah cukup baik. Karena, menurutnya tidak mudah untuk mencapai kota layak anak ke tingkat madya, apalagi utama.

Bahkan, hanya lima kota yang bisa meraih predikat KLA Utama. Sunartopo mengaku, perlu kerja keras dan komitmen lintas sektoral yang sungguh-sungguh, untuk benar-benar mewujudkan kota layak anak.

”Semua sektor harus saling mendukung, untuk menjadikan Kabupaten Pati sebagai kota layak anak untuk ke tingkat yang lebih tinggi atau utama,” terang Topo, sapaan akrab Sunartopo kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Hal kecil, Topo menjelaskan, seperti fasilitas pelayanan publik misalnya. Di Pati tidak semua tempat yang merepresentasikan ramah anak. ”Boleh dihitung, mana ada gedung atau kantor pemerintahan misalnya yang menyediakan ruang menyusui misalnya. Atau pojok untuk bermain anak,” terang Topo.

Bahkan, tempat-tempat pelayanan publik belum banyak seperti itu. Hanya ada beberapa di rumah sakit, atau puskesmas yang sudah mempunyai ruang atau tempat khusus yang mengarah ke ramah anak. ”Itu baru di satu aspek. Belum aspek lainnya. Indikator penilaian KLA ini sangat banyak, dan sekali lagi komitmen lintas sektoral, dan masyarakat sendiri sangat diharapkan untuk mendukung hal tersebut,” papar Topo. 

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia