Selasa, 20 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Kudus

Ini Penyebab Stok Darah A dan O di PMI Kudus Kosong 

Selasa, 10 Jul 2018 10:26 | editor : Ali Mustofa

PERSEDIAAN KOSONG: Salah satu petugas PMI Kudus menunjukkan almari penyimpanan kantong darah yang kosong sejak beberapa hari lalu.

PERSEDIAAN KOSONG: Salah satu petugas PMI Kudus menunjukkan almari penyimpanan kantong darah yang kosong sejak beberapa hari lalu. (DIYAH AYU FITRIYANI/RADAR KUDUS)

KUDUS - Persediaan darah bersih untuk golongan A dan O di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus kosong sejak beberapa hari terakhir. Hal itu salah satunya disebabkan karena meningkatnya permintaan dari pasien.

Kepala Markas PMI Kudus Arsy mengatakan, saat ini jumlah permintaan darah dari pasien memang mengalami peningkatan. Khususnya untuk golongan A dan O. Minimnya stok darah tersebut tidak hanya terjadi di Kota Kretek. Tapi juga terjadi di hampir seluruh wilayah Jawa Tengah.

”Kami perkirakan Agustus nanti mulai normal lagi,” ungkapnya kemarin.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PMI Kudus Praptiningsih menyampaikan, selama satu pekan terakhir ini banyak permintaan darah bersih dari warga khususnya golongan darah A dan O.

Pihaknya belum bisa merinci secara pasti jumlah warga yang masih membutuhkan darah. Sebab, donor yang dilakukan paling banyak merupakan donor pengganti. Sehingga, langsung diberikan kepada pasien bersangkutan.

Dia melanjutkan, untuk menyikapi hal tersebut, pihaknya masih intens melakukan penggalangan donor darah dengan sistem jemput bola sesuai jadwal yang telah disusun. ”Agar stok darah kembali terpenuhi. Kami juga mengadakan mobile unit pengambilan darah ke pabrik rokok,” ujarnya. 

(ks/ruq/aji/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia