Selasa, 20 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Kudus

Sempat Kosong Selama Sepekan, Hari Ini Stok Darah PMI Tersedia Lagi

Jumat, 29 Jun 2018 10:36 | editor : Ali Mustofa

KEMBALI TERSEDIA: Salah satu petugas PMI Kudus menunjukkan lemari penyimpanan kantong darah yang sudah mulai terisi kemarin.

KEMBALI TERSEDIA: Salah satu petugas PMI Kudus menunjukkan lemari penyimpanan kantong darah yang sudah mulai terisi kemarin. (FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS)

JATI – Setelah sempat kosong sekitar sepakan, hari ini stok darah di markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kudus tersedia lagi. Hal ini merupakan buah usaha dari pihak PMI Kudus yang mulai berkeliling menggelar donor darah di berbagai tempat.

Humas PMI Kudus Praptiningsih mengungkapakan, setelah kosong beberapa hari sejak hari ketiga Lebaran lalu, pihaknya kesulitan memenuhi permintaan darah. Selama waktu tersebut, pihaknya hanya menyimpan darah titipan dari keluarga pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

”Pada Lebaran ini banyak sekali yang datang ke sini untuk meminta stok darah untuk keluarganya yang sedang di rawat di berbagai rumah sakit. Dalam sehari, mencapai 30 kantong darah yang keluar dari sini,” ungkapnya.

Minimnya stok darah yang dimiliki PMI Kudus saat ini, menurutnya terjadi karena permintaan yang banyak dan tidak dibarengi dengan banyaknya jumlah pendonor. Saat Lebaran angka pendonor sangat sedikit.

”Menanggapi hal itu, kami tak tinggal diam. Sabtu (23/6) lalu kami mulai keliling menggelar donor darah di beberapa tempat umum. Seperti di Balai Jagong dan Mardirahayu. Ini sebagai solusi jangka pendek kami untuk memenuhi kebutuhan darah di Kudus,” ungkapnya.

Sampai kemarin, stok darah segar yang tersedia di markas PMI Kudus ada 93 kolf. Dengan rincian, golongan A 20 kolf, B 41 kolf, AB 2 kolf, dan O 20 kolf.

”Karena banyaknya permintaan, ketersediaan darah dapat berubah sewaktu-waktu. Kami berharap kepada masyarat Kudus agar bisa mendonorkan darah. Sebab, setetes darah yang mereka donorkan akan berdampak besar pada mereka yang membutuhkan,” harapnya.

(ks/daf/lin/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia