Minggu, 24 Feb 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Busana Hasil Ujian Kompetensi Keahlian Diapresiasi

26 April 2018, 14: 31: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

TAMPILKAN: Pelajar SMKN 2 Jepara menampilkan busana hasil UKK Selasa (24/4) malam.

TAMPILKAN: Pelajar SMKN 2 Jepara menampilkan busana hasil UKK Selasa (24/4) malam. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

KOTA – Usai melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) beberapa waktu lalu, para pelajar jurusan Tata Busana SMKN 2 Jepara menampilkan karya mereka melalui gelaran khusus. Pada ajang bertajuk Malam Apresiasi Karya 2018 di Hotel Jepara Indah, mereka diberi kesempatan menampilkan busana masing-masing.

Malam Apresiasi Karya itu menyuguhkan fashion show busana casual berupa kemeja berbahan tenun Troso. Setelahnya, ada fashion show busana pesta dengan bahan yang lebih beragam. Semua busana itu ditampilkan oleh siswa yang membuatnya. Satu per satu peserta berjalan memamerkan indahnya busana yang mereka buat layaknya model profesional.

Karya mereka diapresiasi langsung oleh orang tua, tamu undangan dari Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata hingga asessor. Salah satunya Gloria, yang menjadi asessor mereka. Dia menyatakan, ada langkah kreatif yang dilakukan para siswa SMK N 2 Jepara. ”Terbukti malam ini mereka ada di sini. Tampil mengenakan busana karya sendiri yang memiliki model yang tak kalah dari desainer-desainer di luar sana,” ujarnya.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Jurusan Tata Busana, Indria Mustika mengatakan, total ada 76 siswa yang tampil. ”Anak-anak mendesain, membuat pola hingga menjahitnya sendiri,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Malam apresiasi karya itu juga dimeriahkan dengan penampilan para alumni jurusan tata busana yang berwirausaha dan sukses di bidangnya. ”Malam apresiasi karya ini untuk memotivasi mereka. Kami juga ingin menunjukkan bahwa karya mereka layak dan mereka bisa bersaing di pasaran,” ujarnya.

Indria menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari hasil sort course di Australia yang diikutinya beberapa waktu lalu. Sekolah mempunyai tanggung jawab untuk menampilkan berbagai macam hasil karya siswa kepada para orang tua. ”Ini yang kami tiru agar para orang tua tahu seberapa besar kemampunan putra-putrinya,” ungkapnya.

Kepala SMK N 2 Jepara Subandi mengapresiasi anak-anaknya yang berani menampilkan karya mereka. ”Karya-karya mereka bagus dan layak untuk bersaing,” katanya.

Subandi menambahkan, orang tua dan tamu undangan bisa melihat langsung karya dari para siswa tersebut. ”Ke depan harapan kami mereka bisa mengembangkan kemampuan dan berwirausaha,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia