Senin, 21 Jan 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Bank Sampah dan TPA Jadi Unggulan Pemkab dalam Penilaian Adipura

17 Maret 2018, 15: 57: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

UNGGULAN: Bank sampah pusat menjadi salah satu unggulan dalam penilaian adipura tahap II di Jepara.

UNGGULAN: Bank sampah pusat menjadi salah satu unggulan dalam penilaian adipura tahap II di Jepara. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

KOTA - Penilaian adipura tahap II telah berlangsung di Jepara. Sebagaimana pada penilaian tahap I yang telah dilakukan akhir tahun lalu. Pada penilaian tahap II ini selama dua hari berturut-turut tim penilai mendatangi 50 lokasi yang merupakan titik penilaian adipura. Bank sampah dan TPA jadi unggulan penilaian Pemkab Jepara. Pada penilaian tahap pertama, keduanya juga berhasil meraih poin cukup tinggi.

Kepala DLH Kabupaten Jepara Fatkhurrahman melalui Kabid Pengendalian dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup, Nuraini didampingi Nuruz Zaman mengatakan, selama dua hari dilakukan penilaian ke 50 titik. ”Tim penilai terdiri dari penilai dari Pusat Pengendalian Pembangunan Eco Region Jawa dan DLH Provinsi Jawa Tengah,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Pada hari pertama, dilakukan penilaian di lokasi unggulan yakni Bank Sampah Pusat dan TPA Bandengan. Pada hari kedua, penilaian dilakukan di 48 titik lainnya. ”Hanya penilaian, tidak ada arahan khusus di lokasi-lokasi penilaian,” ungkapnya.

Mengenai bank sampah pusat sendiri, Nuraini menjelaskan, pada penilaian tahap I dulu berhasil meraih nilai tertinggi se Jawa Tengah. Hal ini lantaran lokasi tersebut memiliki SOP, struktur organisasi, sistem pencatatan, dan pelayanan yang baik. ”Yang mengelola masyarakat sendiri. Ada layanan pengambilan sampah di bank sampah unit yang berada di permukiman dan di sekolah,” jelasnya.

Di lokasi itu juga ditampilkan berbagai produk berbahan sampah yang diproduksi bank sampah. ”Kami juga ada bantuan mesin press sehingga memudahkan pembuatan produk. Pelatihan pembuatan produk juga terus diintensifkan,” urainya.

TPA Bandengan, tahun ini dilakukan peningkatan pemanfaatan energi terbarukan yakni solar cell. ”Tahun ini ada tambahan di 3 titik yang berlokasi di sepanjang jalan menuju sel. Ini sebagaimana solar cell yang juga ada di jalan masuk Pantai Bandengan, menggunakan tenaga surya untuk menghemat listrik,” terangnya.

Di sisi lain, TPA Bandengan juga masih melakukan penyaluran gas metan bagi masyarakat sekitar.  ”Unggulan itu terus kami dorong, untuk mendongkrak nilai,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia