Selasa, 18 Dec 2018
radarkudus
icon featured
Rembang

Bupati Kulon Progo Pimpin Operasi Gratis di RSUD Rembang

20 Februari 2018, 07: 20: 59 WIB | editor : Panji Atmoko

OPERASI PASIEN: Dokter sedang melakukan operasi pada salah satu pasien di RSUD dr. R. Soetrasno belum lama ini.

OPERASI PASIEN: Dokter sedang melakukan operasi pada salah satu pasien di RSUD dr. R. Soetrasno belum lama ini. (RSUD DR. R. SOETRASNO FOR RADAR KUDUS)

REMBANG – Bupati Kulon Progo dr. Hasto Wardoyo memimpin tim yang akan melakukan operasi gratis dalam rangka HUT ke-63 RSUD dr. R. Soetrasno. Total ada 605 warga yang terdaftar sebagai peserta operasi gratis.

Mulai hari ini RSUD dr. R. Soetrasno Rembang menggelar operasi gratis terhadap kurang lebih 20 jenis penyakit. Operasi itu digelar selama lima hari atau hingga 25 Februari 2018.

Operasi tersebut melibatkan 16 dokter dari berbagai rumah sakit ternama di berbagai daerah. Lebih dari 10 dokter di RSUD dr. R. Soetrasno juga dilibatkan dalam operasi tersebut.

Di antaranya, dr. Agus Santos Budi dari RSUD dr. Soetomo Surabaya, dr. Bhirowo Yudo dari RSUP dr. Sardjito Jogjakarta, dr. Dwi Antono dari RSUP dr. Kariadi Semarang dan Kolonel (CKM) dr. Agus Yunianto dari RS Pusat Angkatan Darat Jakarta.

Salah satu dokter yang ikut melakukan operasi, Bupati Kulon Progo dr. Hasto Wardoyo. Dia yang memimpin tim dan mengawali operasi pertama. Rencananya operasi pertama dilaksanakan sekitar pukul 10.00 dengan pasien tumor rahim.

Kepala Seksi Pengembangan dan Informasi RSUD dr R. Soetrasno Rembang Nurdin Fahrudin menjelaskan, bakti sosial itu sekaligus peresmian gedung penunjang medik. Gedung tersebut untuk ruang operasi dan perawatan intensif.

Peresmian disaksikan langsung oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz, Direktur RSUD dr. R. Soetrasno dr. Agus Setiyo HP dan beberapa tamu lainnya. ”Ada dua gedung yang diresmikan. Gedung operasi terpadu dan perawatan intensif. Lalu gedung parkir. Keduanya sama-sama berlantai tiga,” ungkapnya.

Proses pendaftaran calon peserta operasi gratis telah digelar sejak akhir 2017. Selain di RSUD, pendaftaran dilakukan di puskemas di setiap kecamatan. Tak semua pendaftar bisa ikut operasi gratis. Mereka harus mengikuti serangkaian medical check up untuk menentukan apakah bisa dioperasi atau tidak.

Hasilnya, ada 605 peserta dengan berbagai penyakit yang akan dioperasi. Ada sekitar 20 penyakit yang masuk dalam layanan operasi gratis. Di antaranya, katarak, hidrosepalus, hernia, dan bibir sumbing.

(ks/lid/ris/aji/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia