Selasa, 20 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Bagi Siswa Berprestasi, Ada Info Menarik dari STAIN Kudus…

Rabu, 31 Jan 2018 14:30 | editor : Panji Atmoko

REPRESENTATIF: STAIN Kudus terus berbenah. Tahun ini akan menerima 2.700 mahasiswa baru.

REPRESENTATIF: STAIN Kudus terus berbenah. Tahun ini akan menerima 2.700 mahasiswa baru. (RIS ANDY KUSUMA/RADAR KUDUS)

KUDUS – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus telah dimulai. Seleksi itu telah berlangsung sejak kemarin (30/1) hingga Sabtu (24/2) mendatang.

Wakil Ketua I STAIN Kudus Dr. Supaat, M.Pd menerangkan, pendaftaran ini tahap pertama. Yakni, melalui program Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2018. Pendaftaran ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

“STAIN Kudus telah menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui SPAN-PTKIN. Biaya pendaftarannya gratis. Sebab, ditanggung oleh negara,” ujarnya kemarin.

Dia menerangkan, pendaftaran ini dimulai dengan pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS). Selepas itu, ada verifikasi PDSS mulai 2 Febuari sampai 3 Maret dan aplikasi pendaftaran pada 1 Maret - 29 Maret.

Untuk pendaftaran SPAN-PTKIN ini, imbuhnya, siswa atau kepala sekolah bisa langsung mengakses http://www.span-ptkin.ac.id. Pendaftaran SPAN-PTKIN ini yang melakukan kepala sekolah atau madrasah atau pesantren muadalah.

Ada 26 program studi pada strata satu di empat jurusan yang dibuka. “Kami memberi kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah, madrasah, atau pesantren muadalah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTIKN. Seleksi nasional ini berdasarkan penjaringan prestasi akademik. Ukurannya memang nilai rapor dan prestasi lain,” paparnya.

Pendaftaran jalur ini bisa siswa lulusan 2016, 2017, dan 2018. Di tahun ajaran 2018/2019 mendatang STAIN Kudus menerima sekitar 2.700 mahasiswa. Dari jumlah itu, sekitar 50 persen mahasiswa yang diterima berdasarkan hasil seleksi SPAN-PTKIN.

“Seleksi SPAN-PTKIN dilakukan dua tahap. Tahap I mulai 9-4 April dan tahap II mulai 18-25 April. Hasilnya diumumkan 1 Mei. Sedangkan daftar ulang dilaksanakan 22 Mei mendatang,” paparnya.

Materi ujiannya dibagi tiga kelompok. Yakni, peminat program studi bidang sains dan teknologi, peminat program studi bidang sosial, humaniora, dan keagamaan, serta peminat program campuran. “Program campuran ini bidang studi sains dan teknologi, serta bidang sosial, humaniora, dan keagamaan,'' terangnya.

Selain jalur SPAN-PTKIN, STAIN Kudus juga bakal membuka PMB melalui Ujian Masuk (UM) PTKIN dan Ujian Mandiri. Untuk UM PTKIN akan dibuka April dan jalur terakhir ini akan dibuka sekitar Mei mendatang. Jalur terakhir ini hanya menampung sekitar 20 persen calon mahasiswa baru.

(ks/ris/aji/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia