Selasa, 20 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Jepara

Peserta Antusias Ceritakan Kearifan Lokal

Selasa, 08 Aug 2017 11:50 | editor : Ali Mustofa

KETAT: Calon finalis Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara saat melakukan tes wawancara kemarin.

KETAT: Calon finalis Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara saat melakukan tes wawancara kemarin. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

 KOTA – Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara memasuki tahap tes wawancara kemarin. Ada 82 peserta yang lolos ke tahap tes wawancara. Dari jumlah itu, nantinya akan dipilih 30 peserta sebagai finalis Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara.

Tes wawancara tersebut digelar di ruang rapat I Setda Jepara pagi kemarin. Ada empat juri yang secara khusus memberikan pertanyaan bagi para peserta. Mulai dari pertanyaan seputar kemampuan bahasa Inggris sampai pariwisata dan kearifan lokal Jepara.

Salah satu peserta Putri Rania Taqqiya Andjani tampak bersemangat menjawab pertanyaan seputar patung tiga tokoh perempuan yang ditanyakan juri. Dia juga melengkapi jawabannya dengan memaparkan sosok masing-masing tokoh itu.

Peserta lainnya ada yang tampak lancar menjawab pertanyaan soal Perang Obor yang merupakan salah satu budaya lokal Jepara. Dia memaparkan sejarah Perang Obor hingga hal lain di dalamnya.

Terkait tes wawancara ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara Deni Hendarko melalui Kabid Promosi Wisata, Florentina Budi K mengatakan, sebelum mengikuti tahapan wawancara para peserta terlebih dahulu melewati tahap seleksi administrasi. ”Sebelumnya ada 120 yang daftar, namun yang lolos sampai tahap wawancara ada 82 peserta,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Florentina menuturkan, dalam wawancara itu ada empat juri yang dihadirkan. Mulai dari Susanna Ratih Sari, Muslim Aisha, Sumaryanto (GEC Jepara) serta Edy Waryanto (konsultan modeling Jawa Tengah).

Dari tahap wawancara ini, Florentina menjelaskan, akan diambil 30 peserta sebagai finalis Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara. ”Mereka nantinya akan mengikuti city tour ke beberapa lokasi di Jepara,” terangnya.

Sementara itu mengenai malam grand final, Florentina menyatakan, akan digelar pada Jumat (8/9) mendatang. Jarak yang cukup lama antara city tour dan malam grand final diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para peserta. ”Jaraknya memang cukup lama, harapan kami peserta bisa menyiapkan diri dengan matang,” tuturnya.

Dalam proses pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara tersebut, Florentina menambahkan, pihaknya menekankan pada tiga hal. ”Brand, beauty & behaviour. Harapannya bisa terpilih Mas dan Mbak Duta Wisata yang benar-benar memiliki kemampuan dan bisa membantu mempromosikan pariwisata Jepara,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia