Rabu, 24 Apr 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Ribuan Warga Serbu 31 Gunungan Hasil Bumi

07 Agustus 2017, 10: 10: 03 WIB | editor : Ali Mustofa

REKOR: Sebanyak 31 gunungan siap diperebutkan warga yang hadir dalam sedekah bumi dan HUT ke-72 RI di Desa/Kecamatan Tahunan kemarin.

REKOR: Sebanyak 31 gunungan siap diperebutkan warga yang hadir dalam sedekah bumi dan HUT ke-72 RI di Desa/Kecamatan Tahunan kemarin. (ZAINAL ABIDIN/RADAR KUDUS)

TAHUNAN – Sedekah bumi dan perayaan HUT ke-72 RI di Desa/Kecamatan Tahunan di lapangan desa setempat berlangsung meriah kemarin. Sebanyak 31 gunungan hasil bumi dari 31 RT di delapan RW diarak di sepanjang jalan utama desa setempat sejauh lima kilometer. Selain itu juga dilaksanakan karnaval yang diikuti 34 RT dari delapan RW di Desa Tahunan sejauh tiga kilometer.

Gunungan hasil bumi yang jumlahnya puluhan ini menarik banyak warga. Ini tak biasa dilakukan sebuah desa yang lumrahnya hanya membawa satu sampai tiga gunungan hasil bumi. Karnaval juga tak kalah meriah. Tak sedikit dari peserta karnaval membawa kereta kencana dan kuda plus pemeran Ratu Kalinyamat. Setiap RT juga menampilkan drum band dan kreasi seni lainnya.

Khusus gunungan hasil bumi dari setiap RT membikin beragam. Beberapa di antaranya ada yang membuat petruk di sekelilingnya diberi hasil bumi, gunungan didominasi buah, dan lainnya. Menariknya dari rata-rata gunungan ini, seluruh pucuknya diberi bendera merah putih.

Karena begitu banyaknya peserta karnaval dan warga yang ingin menonton, membuat jalan yang dilalui rute gunungan dan karnaval macet. Salah satunya Jalan Soekarno Hatta - Lapangan Tahunan yang merupakan jalan nasional.

Setelah peserta karnaval dan gunungan hasil bumi tiba di lapangan Tahunan, para warga berkumpul. Karnaval dan gunungan dinilai. Sebagai juara I gunungan RT 4/RW 1, juara II RT 4/RW 3, dan juara III RT 5/RW 1. Sedangkan juara I karnaval RT 5/RW 1, juara II RT 3/RW 5, dan juara III RT 1/RW 1.

Setelah dibacakan doa, seluruh gunungan hasil bumi jadi rebutan warga yang hadir di lokasi itu. Kepala Desa Tahunan Masrum didampingi Sekretaris panitia acara Kusmiyoto Rahman kegiatan ini dalam rangka sedekah bumi dan rangkaian HUT RI. ”Warga sangat antusias mengikuti acara ini. Kami melibatkan seluruh elemen di Desa Tahunan,” jelasnya.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga pada Jumat (11/8). Ada bazar, olah raga, dan khataman Alquran. ”Gunungan hasil bumi ini keinginan kami menunjukkan rasa syukur. Juga keinginan kami warga Tahunan bisa menikmati bersama dengan warga,” paparnya. 

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia