Rabu, 19 Dec 2018
radarkudus
icon featured
Jepara

Adipura ke-13 Diarak Keliling Kota

04 Agustus 2017, 11: 10: 03 WIB | editor : Ali Mustofa

DIKIRAB: Piala Adipura ke-13 yang diperoleh Kabupaten Jepara dikirab keliling kota kemarin.

DIKIRAB: Piala Adipura ke-13 yang diperoleh Kabupaten Jepara dikirab keliling kota kemarin. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

KOTA – Kabupaten Jepara kembali meraih prestasi di bidang lingkungan hidup. Tahun ini, Kabupaten Jepara berhasil meraih Piala Adipura untuk kategori Kota Sedang. Penghargaan ini diterima bupati Jepara pada Rabu (2/8) malam dan diarak keliling Kota Jepara kemarin.

Kirab Piala Adipura yang ditangani langsung Dinas Lingkungan Hidup tersebut dimulai dari perbatasan Demak-Jepara atau Desa Gedangan Welahan sampai Pendapa Kabupaten Jepara. Arak-arakan itu melewati beberapa kecamatan, mulai dari Welahan, Kalinyamatan, Pecangaan, Tahunan, dan Jepara Kota. Sebelum tiba di Pendapa Kabupaten Jepara, piala Adipura terlebih dulu diarak berkeliling wilayah dalam kota seperti Pasar Jepara Satu hingga Shopping Center Jepara (SCJ).

Piala Adipura itu ditempatkan di kendaraan khusus di barisan paling depan. Setelahnya, ada ikon angkutan sampah (si angsa) yang juga merupakan inovasi baru di Kota Ukir. Kirab ini juga dimeriahkan para petugas kebersihan, mobil, dan petugas pemadam kebakaran.

Kirab Piala Adipura tiba di Pendapa Kabupaten sekitar pukul 11.00 WIB. Dilakukan penyerahan piala dari pimpinan kirab pada bupati Jepara. Selanjutnya dilakukan penyerahan dari bupati Jepara pada pihak DPRD Jepara yang mewakili masyarakat Jepara.

Sebagaimana tahun sebelumnya, pihak Pemkab Jepara juga memberikan apresiasi pada para petugas kebersihan di Jepara atas upaya yang dilakukan saat ini untuk menjaga kebersihan di Jepara. Ada sekitar 400 petugas kebersihan yang diberikan tali asih tersebut.

Terkait prestasi ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Fatkhurrahman mengatakan, Kabupaten Jepara unggul di pengelolaan TPA. Salah satunya TPA Bandengan dengan inovasi sanitary landfill-nya. Selain itu, kebersihan hampir di semua titik pantau juga menjadi nilai tambah tersendiri. ”Tahun depan kami menargetkan bisa menambah inovasi di bidang kebersihan,” katanya.

Bupati Jepara Akhmad Marzuqi mengatakan, piala Adipura yang didapatkan kali ini merupakan penghargaan ke-13 yang diperoleh Kabupaten Jepara. ”Kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menjaga lingkungan selalu bersih dan nyaman,” katanya.

Marzuqi melanjutkan, jika kondisi Kabupaten Jepara tetap bersih dan nyaman akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terlebih didukung potensi wisata yang dimiliki Jepara. ”Jika didukung dengan kondisi yang bersih tentunya bisa menarik wisatawan lokal hingga internasional,” ungkapnya.

Wakil DPRD Kabupaten Jepara Pratikno mengatakan, perolehan penghargaan Adipura yang ke-13 menjadi bukti keberhasilan Kabupaten Jepara menjaga kebersihan kota. ”Dengan kondisi kota yang bersih ini bisa memberi kenyamanan bagi masyarakat Jepara,” ungkapnya.

Pratikno melanjutkan, memperoleh penghargaan Adipura ke-13 kali tentu bukan hal yang mudah. Terlebih penilaian mencakup banyak aspek. Meski begitu, ke depan diharapkan prestasi yang diperoleh Kabupaten Jepara bisa meningkat. ”Saat ini belum raih prestasi puncak. Ini jadi tantangan ke depan,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia