Pataka Kartini di Kirab 21 Kilometer

 

KOTA – Prosesi napak tilas pengambilan kata-kata mutiara atau kirab pataka RA Kartini digelar meriah. Kirab dengan menempuh jarak 21 kilometer dari kediamannya di Rembang hingga pemakaman di Kecamatan Bulu tersebut, tujuannya agar masyarakat mengenal sosok pahlawan emansipasi perempuan yang disandang Kartini.

Kirab diawali dengan kreasi tari kartini. Ada empat penari yang terlibat dalam prosesi tersebut, mereka masing-masing menggambarkan saudara-saudara kartini yang selalu setia dan mendukung cita-cita Kartini saat berkarya.

Kemudian prosesi dilanjutkan pembukaan dua peti pataka yang berisi bendera kata-kata mutiara  dan kedua bergambar potret kehidupan. Pembukaan pataka dilakukan budayawan Budi Darmawan kemudian diambil Istri Bupati Rembang Haziroh Hafidz yang mengambarkan sosok Kartini. Selanjutnya pataka diserahkan pada Bupati Rembang Abdul Hafidz.

”Baru pataka tersebut di kirab” terang seksi pelaksana Kirab Mas Setijadji kepada Jawa Pos Radar Kudus kemarin.

Adapun rangkaian kirab meliputi, iringi-iringan kereta dan seluruh perwakilan desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Rembang. Totalnya, masing-masing desa diambil 10 orang, kemudian iring-iringan kereta diantarkan Mas dan Mbak Rembang.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar