Rusak Lahan Hijau, Relokasi Warung Ditolak

PATI – Rencana relokasi belasan warung di sekitar traffic light Desa Sukoharjo, Margorejo, Pati, mendapatkan penolakan dari warga Dukuh Cacah, Desa Sukoharjo. Sebab, relokasi itu dicemaskan warga, karena merusak lahan hijau dan dapat menyebabkan kemacetan jalan.

Aksi penolakan warga itu, dilakukan dengan membentangkan kain putih bertuliskan penolakan pemindahan warung di bahu jalan Dukuh Cacah. Bahu jalan itu, yang akan digunakan untuk relokasi warung.

Effendi Siswanto, salah satu tokoh masyarakat Desa Sukoharjo mengatakan, rencana relokasi belasan warung makan dan warung kopi di perempatan lampu lalu lintas perempatan Desa Sukoharjo itu, dilakukan bukan tanpa alasan. Karena pintu masuk Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukian Pati dipindah menghadap barat.

Pemindahan pintu masuk dinas jika dipindah ke barat dihalangi warung yang kini masih ditempati warga. Untuk itu, jika tidak direlokasi, warung-warung itu akan menghalangi pintu masuk dinas. ”Namun, warga meminta relokasi itu tak ditempatkan di jalan Dukuh Cacah, Sukoharjo. Sebab, sepanjang jalan desa itu, dilakukan penghijauan oleh warga. Dikhawatirkan lahan hijau itu jadi kumuh, dengan adanya warung,” katanya.

Dia menambahkan, selain menjadikan kumuh di kawasan penghijauan, pemindahan warung itu, bisa menyebabkan sepanjang jalan di lokasi itu menjadi padat. ”Sebab, di kawasan itu tak luas dan tidak ada tempat parkir. Jadi, ditakutkan terjadi kecelakaan. Apalagi selama ini kawasan itu rawan kecelakaan,” imbuhnya. (put/lin)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar