Bangun Jembatan Penghubung, Angkat Potensi Desa

DAWE – Pembangunan jembatan penghubung antardusun di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, diperbaiki melalui program TMMD Reguler ke-98. Jembatan itu dinilai sangat vital. Sebab, mampu mengangkat potensi desa sebagai sentra penghasil gula tumbu.

Serka Jumeno, Babinsa Desa Kandangmas menjelaskan, jembatan itu mampu memperlancar transportasi petani dalam mengangkut tebu. Mengingat sebagian besar lahan pertanian ditanami tebu.

Adanya tanaman itu, sejak puluhan tahun lalu tumbuh industri gula tumbu. Gula yang diproduksi ini dari tebu yang digiling. ”Keberadaan pabrik-pabrik gula tumbu menyerap banyak tenaga kerja. Sehingga sangat menunjang kemajuan perekonomian warga,” terangnya kemarin.

Dia menambahkan, bersatunya masyarakat dengan TNI dalam melaksanakan pembangunan dapat menambah keharmonisan. “Seakan-akan tentara dan rakyat adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kami dan warga bergotong royong agar segera bisa memanfaatkan jembatan itu,” ungkapnya.

Kepala Desa Kandangmas Sofwan mengaku, ada banyak tempat produksi gula tumbu. Sistem produksi masih  menggunakan alat yang sangat sederhana.

Menurutnya, keberadaan pabrik gula tradisional tersebut sudah ada sejak lama. Bahkan sejak puluhan tahun lalu.“Sewaktu saya masih kecil, di desa ini banyak berdiri gudang yang memproduksi gula tumbu,”imbuhnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar