Travel Dialog, Upaya Tingkatkan Wisata Gunungkidul

KUDUS – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus melakukan promosi wisata yang sedang bergeliat di daerahnya. Salah satunya melakukan promosi wisata lewat travel dialog di Kabupaten Kudus untuk mengenalkan secara menyeluruh wisata kepada pelaku usaha, sekolah hingga perusahaan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Saryanto mengatakan, setiap tahunnya promosi dilakukan ke berbagai daerah, minimal tiga kali. Untuk Jawa Tengah tahun ini memilih Kabupaten Kudus untuk mengenalkan wisatanya. ”Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat menjadi lokasi travel dialog kami tahun ini,” katanya saat travel dialog di Hotel @Hom kemarin.

Travel dialog kali ini dilakukan selama dua hari, yakni Selasa (18/4) dan Rabu (19/4). Ada dua sesi yang dilakukan. Pertama mengundang pelaku usaha seperti biro perjalanan wisata. Kedua mengundang perwakilan sekolah, perusahaan, operasi dan karyawan di Kudus.

Selama ini, dia mengakui jika wisata paling dikenal yakni Gua Pindul. Padahal di Kabupaten Gung Kidul memiliki banyak destinasi wisata yang dimiliki yang tak kalah menarik dan menantang. ”Kami ingin mengenalkan lebih luas, destinasi wisata kami menarik dan menantang,” terangnya.

Tak hanya promosi, travel dialog juga bertujuan melakukan deal untuk menarik wisatawan ke Kabupaten Gunung Kidul. Selama ini, semua destinasi wisata tidak ada yang dikelola pihak ketiga. Semua dikelola pemkab dan pemerintah desa atau desa wisata.

Untuk pengelola wisata, terutama yang dikelola desa terus dilakukan peningkatan, sehingga destinasi wisata bisa lebih baik. Hal tersebut sudah terbukti dengan baik, salah satunya ditunjukkan dengan sumbangan wisata ke pendapatan asli daerah (PAD). Pada 2010 PAD dari sektor pariwisata hanya Rp 1,5 miliar. Namun pada 2016 sudah mencapai 24 miliar. ”Ini bukti kami serius menangani wisata agar pengunjung menikmati wisata kami,” jelasnya.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar