Puluhan Kriya Unik Siap Dinilai

Ada Tenun Berotan dan Pahatan Wajah Kartini

KOTA – Lomba cipta kriya dalam rangkaian Festival Kartini 2017 disambut antusias masyarakat. Saat ini ada puluhan karya terkumpul. Karya-karya tersebut mulai dari kriya tekstil hingga kayu.

Karya-karya yang sudah dikumpulkan para peserta saat ini dipamerkan di TIC (Tourism Information Center)  Jepara. karya tersebut nantinya akan diseleksi beberapa tahap. Hasil seleksinya akan diumumkan pada Jumat (21/4) mendatang.

Saat ini karya-karya tekstil yang sudah terkumpul di antaranya, kain batik motif Jepara, kain tenun Troso, serta kain batik kombinasi tenun Troso. Ada pula peserta yang mengkreasikan kain khas Jepara itu menjadi produk-produk tertentu. Seperti topi, tas, selendang, hingga busana jadi. Ada pula karya cukup unik yang mengkombinasikan tenun dan rotan. Karya yang dinamai Tenun berotan itu bisa dimanfaatkan untuk produk tas hingga kursi.

Khusus untuk produk kayu, ada peserta yang mengirimkan karya bertajuk Surat Kartini yang dipadukan cantik dengan pahatan kayu wajah RA Kartini. Ada pula yang membuat lampu dengan kayu sebagai bahan utamanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara Deni Hendarko mengatakan, lomba cipta kriya tersebut digelar skala nasional. ”Lomba ini terbuka bagi seluruh warga Indonesia,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar