Kirab Sunan Prawoto Diikuti Wisatawan Mancanegara

SUKOLILO - Kirab Lurup dan Ikan Lengkur Haul ke-39 KPH Raden Bagus Hadi Mu'min atau yang akrab dikenal Sunan Prawoto di Desa Prawoto, Sukolilo, berlangsung meriah kemarin. Ribuan warga dari Pati hingga mancanegara turut memeriahkan kirab tersebut. 

Sejak pukul 13.00, kawasan Alun-alun Desa Prawoto sudah dipenuhi ribuan warga dan peserta kirab Haul Sunan Prawoto. Kirab diikuti pengurus makam, salah satu Ratu Keraton Surakarta Hadiningrat GKR Ayu Koes Indriyah , hingga beberapa wisatawan mancanegara dari India, Rusia, Slovakia, Ukraina, dan Hungaria .

Sekitar pukul 14.30, arak-arakan kirab dimulai dari halaman Kantor Desa Prawoto di Alun-alun Prawoto menuju ke kompleks Makam Sunan Prawoto sejauh dua kilometer. Sebagian peserta kirab menggunakan kendaraan. Sedangkan arak-arakan lurup dan ikan lengkur beserta rempah-rempah dan hasil bumi diletakkan di atas kendaraan.  

Dalam kirab itu, terlihat gadis desa mengenakan kostum tradisional membawa kain luwur atau lurup, marching band, siswa sekolah, maupun warga yang membawa hasil bumi termasuk ikan lengkur yang merupakan tradisi warga setempat saat mempunyai keinginan dan terkabul.

Ikan lengkur yakni ikan gabus dibakar hingga melengkung dengan bumbu garam dan lombok merah. Sesampainya di makam, kain lurup itu diserahkan kepada juru kunci untuk selanjutnya dipasangkan kembali.

Ketua Yayasan Makam Sunan Prawoto Ana Mansuran menyampaikan, haul tersebut untuk menghormati jasa Sunan Prawoto yang pernah menjadi sultan pemerintahan kerajaan di Demak pada 1550 silam. Sosok Sunan Prawoto sebagai Raden Bagus Hadi Mu`min selain dikenal sebagai raja juga sebagai ulama.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar