Terapkan Standarisasi Kebersihan Pasar Tradisional

KUDUS – Bangunan pasar tradisional yang semuanya sudah tersentuh revitalisasi terlihat lebih baik. Kini, Pemkab Kudus akan konsentrasi agar kondisi pasar yang sudah dilakukan revitalisasi itu terlihat bersih. Caranya dengan membuat standar kebersihan di pasar.

Penetapan standar kebersihan pasar, bertujuan tak lain agar pasar tradisional bisa bersaing dengan pasar modern. Kondisi pasar modern tentu sangat bersih. Untuk itu, pasar tradisional jangan sampai kalah. ”Bangunan bagus, kebersihan harus ditingkatkan,” kata Bupati Kudus Musthofa kemarin.

Untuk menentukan standar kebersihan, nantinya ada petugas yang mengawasi pasar. Sehingga semua pasar tradisional memiliki tingkat kebersihan setara. Jika tidak dilakukan standarisasi, tingkat kebersihan bisa tidak merata.

Dengan penerapan standarisasi tersebut, harapannya pasar tradisional yang memiliki kesan kumuh dan becek perlahan hilang. Pedagang juga harus menyadari untuk menjaga kebersihan mulai sekarang. Pasalnya, kebersihan pasar merupakan salah satu faktor meningkatkan minat pembeli untuk datang.

Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti menambahkan, revitalisasi pasar tradisional sudah selesai. Kemudian standar kebersihan akan menjadi fokus. Untuk percontohan, baru dilakukan di Pasar Kliwon. ”Pedagang harus mengubah kebiasaan lama,” jelasnya.

Untuk mengubah kebiasaan buruk yang tidak memperhatikan kebersihan memang cukup sulit. Namun pihaknya akan melakukan secara bertahap. Untuk standarisasi kebersihan, nantinya akan menyasar semua pasar tradisional, sekitar 30 pasar tradisional. (lis/aji)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar