Parpol Mulai Buka Pendaftaran Bacaleg
BERITA TERKAIT

KOTA – DPD Partai Nasdem Kabupaten Kudus mulai membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Pendaftaran bakal caleg bagi partai lain mungkin terlalu dini. Namun bagi Nasdem, hal ini agar dipilih bacaleg yang lebih berkualitas.

Ketua DPD Partai Nasdem Kudus Akhwan mengatakan, pihaknya membuka pendaftaran bacaleg lebih awal karena ada beberapa alasan. Salah satunya terkait adanya usulan draf Undang-Undang (UU) Pemilihan Umum (Pemilu). ”Pendaftaran bacaleg ini dibuka serentak di semua daerah,” katanya saat launching pendaftaran bakal caleg di kantor DPD Nasdem Kudus kemarin.

Dalam draf UU Pemilu disebutkan, untuk menjadi caleg disyaratkan minimal satu tahun sudah menjadi anggota partai. Berbeda dengan sebelumnya, di mana untuk mendaftar sebagai caleg cukup menjadi anggota partai tanpa dibatasi minimal keanggotaan. Bahkan, sehari sebelum mendaftar sebagai caleg baru mendaftar sebagai anggota partai juga tak masalah.

Adanya draf aturan tersebut, bertujuan agar kulitas caleg mumpuni ketika duduk sebagai anggota dewan. Karena saat ini ada yang duduk sebagai anggota dewan, namun secara kualitas masih jauh. Berbeda ketika sudah menjadi anggota partai selama setahun, kualitas bisa lebih baik karena ada pendidikan dari partai.

Dia menyatakan, pendaftaran dibuka selama sebulan atau mulai 12 Maret sampai 12 April. Setelah pendaftaran ditutup, sudah tidak ada pendaftaran lagi, kecuali ada kebijakan dari DPP. Pendaftaran tidak hanya untuk DPRD kabupaten, melainkan juga untuk DPRD Jawa Tengah dan DPR RI.

Dia menegaskan, pendaftaran caleg ini tanpa ada mahar atau uang pendaftaran apapun. Bahkan, untuk materai sudah disiapkan DPD, sehingga pendaftar tak ada mahar yang harus diberikan.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar