Pacu Potensi, Unjuk Gigi di CFD

KUDUS – Untuk memacu potensi, siswa-siswi SMPN 1 Jati dituntut tampil unjuk kebolehan di car free day (CFD) Alun-alun Simpang 7 kemarin. Siswa bergantian bernyanyi. Baik genre pop, dangdut, keroncong, hingga jazz. Hal ini dilakukan, agar siswa memiliki wadah untuk mengekspresikan diri di depan umum. Ada juga yang mengenakan kostum unik, seperti pocong.

Farah Hani, 14, salah satu siswi SMPN 1 Jati mengaku senang dengan adanya panggung di CFD untuk mengasah kreativitas siswa. Selain dapat menghibur, acara ini juga dapat memberikan kesempatan siswa untuk menggali potensi diri. ”Saya suka banget nyanyi. Jadi, waktu ada kesempatan manggung, saya langsung berlatih di rumah untuk perform,” ungkapnya.

Farah menyanyikan beberapa jenis lagu, salah satunya dangdut. Dia suka dangdut karena menilai lagunya enak dinyanyikan. Kendati memiliki cengkok yang cukup sulit, dia mengaku sudah terbiasa. ”Tadi saya nyanyi lagu Tiada Guna dan Sayang,” katanya usai manggung.

Siswi lain, Abelia Permata Sari juga bernyanyi di CFD kemarin. Dia memilih lagu genre pop. Selain mudah, genre pop banyak disukai anak-anak muda. Dia mengaku senang dan mendukung CFD. Sebab selain menggiatkan rajin olahraga, juga memberi kesempatan siswa mengekspresikan diri. ”Kalau ada kesempatan manggung gini, saya jadi semangat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Jati Purwanto mengatakan, pihaknya mendukung siswanya untuk dapat berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik. ”Untuk nonakademik, adanya panggung di CFD ini siswa memiliki ruang berekspresi,” katanya.

Dia menuturkan, untuk bidang akademik, siswa dilatih mengusai pelajaran. Salah satunya dengan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Purwanto menambahkan, Sabtu (11/3) lalu, Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olaharga (Disdikpora) Kudus bekerja sama dengan SMPN 1 Jati mengelar OSN. Ada 40 siswa dari SMP negeri maupun swasta turut ambil bagian. ”Pemenangnya akan dikirim ke tingkat provinsi dan bisa berlanjut ke tingkat nasional,” jelasnya. (mal/lin)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar