Harfin Tepis Kemenangan Kotak Kosong

KOTA - Laporan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Cahyo Kumolo kepada Presiden RI Jokowi tentang pilkada sempat bikin gaduh sebagian warga Pati. Sebab, Mendagri melaporkan kemenangan kotak kosong pada Pilkada Pati 2017.

Pernyataan Cahyo Kumolo juga muncul di sejumlah media nasional. Hal itu dibantah keras tim pemenangan Haryanto-Saiful Arifin. Ketua Tim Pemenangan Haryanto-Arifin Ali Badrudin menyampaikan, kemungkinan pernyataan Mendagri tentang kemenangan kotak kosong terjadi di beberapa TPS di Pati.

Apabila kemenangan kotak kosong di semua TPS di Pati itu hoax. Sebab, pada real count yang diadakan Harfin Center dan KPU Pati, Haryato-Arifin unggul 74,7 persen dibanding kotak kosong memperoleh suara 25,3 persen.

“Pak Mendagri dalam memberikan statemen di media harus berhati-hati. Terutama melihat kenyataan di lapangan dan data yang lebih valid. Sedianya hasil dari real count benar-benar diteliti,” ungkap Ali.

Ali menilai, pernyataan yang tidak valid terkait dengan pilkada dapat memperkeruh suasana pascapilkada di Pati. Di Harfin Center, ada real count tersendiri. Datanya bersumber dari koordinator saksi di masing-masing kecamatan. Dari hasil yang masuk di semua TPS, kemenangan Haryanto-Arifin mendapatkan 74,7 persen dan kotak kosong 25,3 persen.

“Ada 696.618 suara sah. Suara yang diperoleh Haryanto-Safin 520.117 suara dan kotak kosong 176.501 suara. Bahkan di dapil 4 yang meliputi wilayah Jaken, Jakenan, Puncakwangi, dan Winong mendapatkan 87,45 persen dari suara sah,” ucapnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar