Siapkan Puluhan Satgas Taman

KOTA – Satuan tugas (Satgas) taman disiapkan untuk menjaga taman agar lebih bersih dan sesuai peruntukannya.  Sebelumnya taman di Kudus diduga sebagai tempat mabuk dan berpacaran di luar batas.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukinan dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Sumiyatun mengatakan, menyiapkan sekitar 80 orang untuk melakukan pengawasan taman dan perawatannya. ”Tahun ini satgas taman akan jalan,” katanya kemarin.

Setiap taman akan ada satgas, terutama taman yang aktif dikunjungi warga. Mereka akan bertugas 24 jam. Nantinya satgas dibagi menjadi dua sif. Untuk taman yang ramai dikunjungi bisa dijadikan tiga sif. ”Satgas bertugas untuk memastikan kondisi taman bersih, tidak ada corat coret yang memperburuk kondisi taman,” terangnya.

Selain itu, satgas melakukan perawatan taman. Apabila ada tanaman rusak atau mati bisa dilakukan penggantian. “Satgas tersebut diharapkan kondisi taman terus baik karena masih ada warga yang tidak memperhatikan taman. Buang sampah sembarangan atau membuat bunga atau tanaman diinjak,” paparnya.

Taman yang dikelola pihaknya ada 39 lokasi. ”Nanti ada mandor taman yang muter untuk memantau kondisi taman,” imbuhnya.

Dia berharap, warga yang berkunjung ikut menjaga taman. Tidak melakukan aksi vandalisme. Selain itu, tidak menginjak bunga atau tanaman. Agar taman itu bisa dinikmati banyak orang. (lis/ris)

 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar