Berangkat dan Pulang Nyoblos Dijemput Perahu

SEJUMLAH tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Pati dikepung banjir. Kondisi tersebut membuat warga harus menggunakan alat bantu berupa perahu supaya bisa menjangkau lokasi pencoblosan.

Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Kudus, total yang terendam banjir sebanyak 29 TPS. Jumlah itu tersebar di lima kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Gabus, Jakenan, Juwana, Kota dan Sukolilo.

Dengan kondisi TPS tersebut, membuat warga yang punya hak pilih menjadi tak leluasa dan tidak nyaman. Namun, kondisi tersebut tidak menyurutkan kedatangan warga untuk memberikan pilihannya.

Salah satu TPS yang dirambah banjir itu adalah TPS II di RT 2/RW 2 Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus. Proses pemungutan suara di kawasan tersebut mestinya diselenggarakan di rumah Sarbin, warga RT 1/RW 2 desa setempat.

Oleh karena rumah Sarbin tergenang air, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) memindahkan lokasi pemungutan ke rumah Sumadi warga RT 2/RW 2 desa setempat. Selain ruang tamu yang cukup luas, juga memiliki ketinggian rumah yang tak dijangkau genangan air. Tinggi genangan mendekati lokasi TPS hingga sepaha orang dewasa atau satu meteran.

Warga setempat, Santoso mengatakan, harus menaiki perahu warga untuk mendatangi lokasi TPS. Untuk mendapatkan penjemputan perahu tidak sulit karena hampir tiap rumah memilikinya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar