Temukan 250 Potongan Hewan Purba
BERITA TERKAIT

GROBOGAN - Sejak sepekan lalu, sebanyak 12 anggota tim ahli purbakala dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Kabupaten Sragen melakukan penelitian di Desa Banjarejo, Gabus. Dalam sepekan itu, tim mampu menemukan sebanyak 250 potongan hewan purba.

Kades Banjarejo Taufik Achmad menyatakan, kegiatan ini dilakukan di lokasi yang berpotensi menyimpan benda purbakala. Tujuannya di Desa Banjarejo, selanjutnya dibagi menjadi beberapa titik. Di antaranya  di lima dusun, yakni Nganggil, Ngrunut, Barak, Kuwojo, dan Peting.

“Sebelum melakukan penelitian, mereka sudah datang ke sini untuk melakukan sosialisasi ke perangkat desa serta masyarakat yang ada di desa ini. Kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penelitian hingga Sabtu (18/2) nanti,” ungkapnya.

Kepala BPSMP Sangiran Sukron Edi mengatakan, selama sepekan di sana tim ahli telah banyak menemukan potongan fosil.

’’Potongan itu dari beberapa ukuran. Mulai sebesar ibu jari sampai sebesar lengan orang dewasa. Kini fosil dikumpulkan dan akan diidentifikasi,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, penelitian akan berlanjut dengan kajian dan mengungkapkan nilai-nilai penting dari penemuan benda purbakala terbaru yang ada di Banjarejo seperti titik penemuan benda dan struktur tanah.

Dari situ, tim akan melakukan upaya konservasi, registrasi dan identifikasi penemuan benda purbakala terbaru. “Kegiatan ini hampir sama pada 2016 lalu, namun area penelitian akan diperluas lagi sebab untuk menentukan zona perlindungan situs,” tandasnya. (int/aji)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar