Ratusan Taekwondoin Ujian Kenaikan Tingkat

KUDUS – Pengkab taekwondo Kudus menggelar ujian kenaikan tingkat di halaman SMA 1 Kudus Minggu (12/2). Ratusan taekwondoin Kota Kretek mengikuti agenda ini. Selain seleksi kenaikan tingkat, kegiatan ini juga ngiras-ngirus seleksi tingkat SD untuk popda nanti.

Dalam ujian itu, para taekwondoin yang lolos akan naik satu strip sabuknya. Mereka yang sebelumnya bersabuk putih akan naik ke kuning, dari kuning ke kuning strip hijau, sampai biru strip merah. Di taekwondo sendiri, ada sembilan strip sabuk. Yakni putih, kuning, kuning strip hijau, hijau, hijau strip biru, biru, biru strip merah, merah, dan yang terakhir hitam.

Andreas Sugianto, guru besar taekwondo Kudus mengungkapkan, ujian kenaikan tingkat diikuti oleh seluruh taekwondoin di Kota Kretek. Menurutnya, banyak bibit-bibit bagus di Kota Kretek yang sangat disayangkan bila tidak dikembangkan.

”Banyak anak-anak baru yang punya potensi di Kudus. Untuk memberikan ruang berkembang bagi mereka, setiap empat bulan sekali ada kenaikan tingkat,” ujarnya di sela-sela mengamati para taekwondoin muda bertanding.

Lebih lanjut Andreas menerangkan, dalam taekwondo sendiri, ada dua jenis yang dipertandingkan. Yakni jurus dan fight.

”Masing-masing beda metode melatihnya,” tambahnya.

Mengenai seleksi popda, untuk taekwondo akan dipertandingkan mulai jenjang SD hingga SMA. Untuk SD putra mulai under 31 kg hingga 41-45 kg, dan putri mulai under 27 kg sampai over 37-41 kg. Untuk SMP, putra mulai under 33 kg hingga over 52-55 kg, putri under 31 kg sampai 49-52 kg. Sedangkan SMA putra mulai 51 kg hingga 73 kg dan putri mulai 46 kg hingga 63 kg. Khusus untuk SMA, terdapat kelas poomsae (jurus) perorangan dan beregu. (ful/aji)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar