Ajak Masyarakat Perangi Hoax

GROBOGAN – Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Kabupaten Grobogan masih berlanjut. Puncak kegiatan justru bagu digelar kemarin. Rangkaian acara digelar saat car free day (CFD) di Jalan R Soeprapto, Purwodadi, sejak pukul 06.00.

Acara ini dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kapolres AKBP Agusman Gurning, dan Kasatpol PP Grobogan Bambang Panji, dan Unit Intel Dim 0717/Purwodadi Letda Inf Miftahul Hudda. Kegiatannya berupa sosialisasi berita anti-hoax, penyebaran brosur tertib lalu lintas, dan imbauan berantas penyalahgunaan narkoba. Kegiatan lainnya, ada live music, donor darah, dan penampilan batik carnival Grobogan.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Grobogan Taslim mengatakan, saat ini banyak media yang menampilkan berita hoax. Sekitar 50 jurnalis di Grobogan turun ke jalan membagikan brosur dan sosialisasi perlawanan berita hoax. ”Kami berharap, masyarakat tak menerima mentah suatu berita. Di antaranya perlu dilihat nara sumbernya sudah berimbang atau belum,” katanya.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengungkapkan, kegiatan ini bersifat positif. Sebab memberikan pengetahuan bagi masyarakat. Sekaligus memberikan pengertian agar tak menerima informasi secara mentah. ”Kita tentu berharap Grobogan tetap aman dan nyaman,” ungkapnya.

Bupati berharap, para jurnalis di Grobogan semakin profesional dalam pemberitaan. Serta dapat menjadi pelopor anti-hoax. ”Jadikan media sebagai penyampai saran dan mencerdaskan dengan memberikan fakta yang berimbang,” harapnya. (int/lin)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar