Cari Titik Kebocoran, Bongkar Jalan

PURWODADI – Jalan Gajah Mada Purwodadi dibongkar dengan alat berat kemarin. Tujuannya, untuk mencari titik saluran PDAM Grobogan yang bocor. Pembongkaran ini, dilakukan di beberapa titik.

”Pembongkaran ini kami lakukan menindaklanjuti surat aduan dari Dinas Bina Marga,” kata Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulonggono kemarin. Akibat pembongkaran tersebut, arus lalu lintas di Jalan Gajah Mada cukup tersendat. Sebab, jalan yang semua memiliki dua ruas, dijadikan satu.

Pipa bocor tersebut juga menjadikan pasokan air bagi sebagian pelanggan PDAM terhambat. Terutama pelanggan di sekitar Jalan Gajah Mada dan wilayah kota bagian barat. ”Pemberitahuan kepada pelanggan sudah kami lakukan sebelumnya dengan SMS,” terangnya.

Pembongkaran jalan itu, berawal dari genangan air di ujung timur Jalan Gajah Mada. Kemudian dilakukan penelusuran dan diperkirakan air bocor berasal dari pipa PDAM. Sebab, angka kehilangan air (NRW) mencapai 36 persen.

Tingginya angka tersebut, karena jaringan pipa PDAM sudah banyak yang tua dan rusak. Sebab, pipa itu ditanam sekitar 1975 silam atau saat awal berdirinya PDAM. Sehingga perlu peremajaan.

”Kami berharap titik bocor bisa segera ketemu. Sehingga pasokan air ke pelanggan bisa kembali lancar,” haranya. (mun/lin)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar