Cuaca Ekstrem, Bencana Mengintai

KOTA – Badan Penanggulangan Bencana Daeah (BPBD) Kabupaten Blora mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ekstrem belakangan ini. Utamanya terhadap ancaman bencana tanah longsor, banjir dan lisus, yang mengintai setiap saat.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Blora Sri Rahayu, wilayahnya termasuk daerah rawan bencana, akibat curah hujan yang tinggi. Untuk itu, kewaspadaan harus terus ditingkatkan mengingat bencana bisa datang tiba-tiba.

“Saat ini memang masih tidak parah. Mulai angin lisus yang merobohkan pohon, longsor di jalan di Desa Nglawiyan Kecamatan Kota Blora dan Randubaltung belum lama ini. Untuk itu warga harus selalu waspada,” ungkapnya.

Berdasarkan data bencana tahun lalu, Blora  menjadi wilayah yang rentang bencana puting beliung. Hampir seluruh kecamatan di kabupaten tersebut tak luput dari lisus diantarnya, Kecamatan Randublatung, Jati, Kedungtuban, Jepon, Kunduran, Ngawen, Kota Blora, Banjarejo, dan Todanan.

Tahun ini pihaknya berharap warga selalu waspada sebab cuca cerah tiba-tiba hujan. Kondisi ini, rentan sekali terhadap lisus, bajir dan longsor. “Kami mewanti-wanti warga yang berada di pinggir sungai, untuk selau mewaspadai banjir. Sebab, sering terjadi banjir kiriman atau banjir bandang yang menerjang. Sedangkan warga di pinggiran hutan waspada pada bencana puting beliung atau sejenisnya,” imbuhnya. (sub/ali)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar