Pembangunan Dimulai April, September Selesai

KOTA – Gedung Ngasirah rencananya mulai dibangun April mendatang. Pembangunannya akan seesai September. Gedung ini, bakal dirombak menjadi bangunan berkonsep Romawi. Namun, nantinya juga akan dilengkapi ukiran. Baik di luar maupun di dalam gedung. Ukirannya menceritakan tentang Kota Kudus.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Yuli Kasiyanto mengatakan, kendati berkonsep Romawi, namun tak meninggalkan warisan budaya Kudus. Tujuannya, agar budaya klasik Kudus mempermanis bangunan dengan konsep Romawi. Bahkan, gedung ini juga dapat digunakan sebagai gedung kesenian.

”Konsep Romawi itu, bukan berarti meninggalkan warisan budaya Kudus. Namun, konsep ini kami pandang membawa pembaruan bangunan yang telah mangkrak hingga tiga tahun,” ungkapnya.

Dia menuturkan, bangunan ini dianggarkan Rp 10 miliar. Lelang perencaaan akan dilakukan pertengahan bulan ini. Kemudian menyusul lelang fisik. ”Kami targetkan April mulai dibangun. September sudah selesai pembangunan,” jelas Yuli.

Yuli menambahkan, gedung ini akan dilengkapi dengan homestay di sebelah barat. Juga ada musala, kamar mandi, dan tempat parkir yang mampu menampung 500 kendaraan.

Gedung Ngasirah sendiri, tergetnya dapat menampung sekitar 2.000 orang. Harapannya, masyarakat Kudus dapat menggunakan gedung tersebut untuk berbagai acara. Baik acara formal maupun nonformal. ”Bisa digunakan untuk acara pernikahan hingga seminar,” paparnya. (mal/lin)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar