Bupati Dukung Sidang Keliling di 19 Kecamatan

PURWODADI – Bupati Grobogan Sri Sumarni mendukung program sidang keliling perkara permohonan oleh Pengadilan Negeri (PN) Purwodadi di 19 kecamatan se-Kabupaten Grobogan. Program tersebut bertujuan untuk mendekatkan pelayanan PN Purwodadi kepada masyarakat dalam legalitas hukum bagi warga.

”Program sidang keliling perkara permohonan ini sangat bagus. Karena PN Purwodadi jemut bola untuk melayani masyarakat,” kata Bupati Sri Sumarni usai memberikan sambutan dalam sosialisasi yang dihadiri forkopinda, camat, dan kades se-Kabupaten Grobogan kemarin.

Untuk itu, bupati meminta agar kepala desa dan camat se-Kabupaten Grobogan untuk bisa memberikan sosialisasi dan informasi adanya sidang keliling perkara permohonan. Sebab, mereka menjadi ujung tombak di daerahnya masing-masing. Hal ini untuk memudahkan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua PN Purwodadi Hendral mengatakan, porgam sidang keliling perkara permohonan memang agar PN lebih dekat dengan masyarakat. ”Kami sudah bentuk empat tim untuk sidang keliling. Sidang itu bisa dilaksanakan di 19 kecamatan se-Kabupaten Grobogan,” katanya.

Dijelaskan, sidang keliling perkara permohonan ini, akan ditempatkan di masing masing kecamatan. Perkaranya menangani perkara permohonan administrasi kependudukan. Di antaranya ganti nama, pembetulan akat kelahiran, perwalian, dan mengurus anak angkat. ”Target kami adalah bisa menyelesikan 800 berkas perkara permohonan. Kedepannya, kami akan bekerja sama dengan Dinas Catatan Sipil,” tandasnya.

Ditambahkan, di lapangan kendala yang dihadapi di antaranya informasi dari PN Purwodadi belum sampai ke masyarakat secara tuntas karena waktu. Kendala lainnya, pelaksanaannya tidak bisa one day service, karena pemohon pengisian blangko tidak sesuai dengan yang disediakan di kantor PN Purwodadi. ”Tahun lalu kami sudah melakukan percobaan sidang keliling perkara permohonan di Kecamatan Kedungjati. Antusiasme warga sangat bagus,” imbuhnya.

Hendral menambahkan, PN Purwodadi tahun ini mendapat penghargaan akreditasi excelent A untuk kategori administrasi. Selain itu, juga naik tingkat dari kelas II menjadi kelas II B. Kantor PN kini juga telah representatif, setelah adanya penataan. (mun/lin)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar