Berbisnis dari Nol, Punya Jaringan Agen Se-Indonesia dan Mancanegara

KUDUS - Ikhtiar, pantang menyerah, dan pandai melihat peluang, adalah tiga prinsip berwirausaha yang dimiliki  Bahtiar Hamzah, 33,  asli Bugis Bone-Sulawesi Selatan. Kendati berusia belia, Bahtiar sukses mengokohkan dirinya sebagai seorang Saudagar  Bugis di perantauan.

Ia kini memimpin perusahaan dengan label CV. Mandiri Sejahtera yang bergerak di industri pabrik tas, untuk kebutuhan seragam, seminar, diklat, dan lain-lain serta produk distro anak muslim yang saat ini mampu menguasai 70 persen produk tas anak muslim Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Bahtiar, perusahaan tersebut semakin berkembang dengan mempekerjakan ratusan orang karyawan. Di usia muda itu pula, Bahtiar juga dinobatkan oleh warga Sulsel di kawasan itu sebagai ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Karesidenan Pati – wilayah Jawa Tengah bagian timur yang meliputi enam daerah otonom yakni Kabupaten Kudus, Pati, Jepara, Demak, Rembang, dan Blora.

Diakui, Bahtiar tak pandai mengumbar strategi pemasaran. Ia lebih memilih menggunakan sesuatu yang tak lazim dengan menyasar branding Moslem Kids. “Saya hanya berharap ada keberkahan di balik usaha ini, paling tidak ada nilai syiar di balik usaha ini, termasuk kemampuan berbagi jika ada rezeki lebih yang diperoleh dari keuntungan perusahaan,” ujar pemuda kelahiran Bumi Arung Palakka, Watampone, 1983 ini.

Meski terbilang sukses, Bahtiar tidak terlahir dari rumpun keluarga sukses, sebaliknya berangkat dari keluarga petani yang amat sederhana di pengujung Amali-Bone. Perjalanan hidupnya pun tak instan, di usia muda hiruk pikuk derita dijalaninya. Ia tak mendapat belaian kasih sayang lebih seorang ibu, sebab sejak kecil ibunda tercintanya telah wafat. Ia justru tumbuh dari keterdesakan ekonomi yang membelit diri dan keluarganya.

Ia kemudian merantau ke Riau ikut pamannya sejak 2000. Ia pun belajar berdagang dan berjualan sarung dari pasar ke pasar. Dari hasil usahanya itulah, ia menabung untuk modal usaha berikutnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar